Kamis, 09 Mei 2013

Budidaya Ikan Gurame dari Telor

Kalau beli bibit sih bisa aja tapi kalau dalam jumlah besar tentunya jadi lumayan modalnya, jadi ini cara bagaimana kalau memeliharanya dari telor sehingga harganya lebih murah. Memelihara gurame dari telor memang suatu hal yang kadang membingunkan. Perlakuan yang tidak cocok dengan kondisi ikan akan menyebabkan kematian larva gurame. Kondisi disini yang perlu diperhatikan antara lain, misal seperti berikut.
  • Umur 0 - 1 minggu, sangat dipengaruhi oleh kondisi air yaitu ph air, dan suhu air. Jika terlalu dingin larva gurame dipastikan akan mati, walaupun larva gurame sebetulnya belum makan. Temperatur yang cocok antara 25 - 30 derajat celcius, ph air 6 - 8.
  • Umur 1minggu - 1 bulan masih dipengaruhi oleh suhu udara dan pH selain itu juga kepadatan kolam bisa menyebabkan kematian. Kira kira umur 10 hari larva gurame sudah bisa melihat dan mulai memakan plankton, dan makanan tambahan lainnya walaupun sangat sedikit. Jika tempatnya terlalu kecil sebaiknya dilakukan penjarangan. Per 1 meter kubik air bisa memuat 2000 ekor anak ikan. Pada umur > 1 bulan gurame mulai bisa memakan makanan buatan seperti pelet.
  • Setelah umur 1 bulan dilakukan penjarangan lagi. Sampai umur 5 bulan per meter kubik air bisa memuat 500 anak gurame.
Jadi yang penting bagaimana membuat kondisi lingkungan air bisa seperti di alam bebas walaupun kita budidayakan di akuarium atau di tempat khusus yang lain.

Antara usia dan besar gurame bervariasi, tapi kira kira seperti dibawah ini:

Ukuran larva
Spesifikasi dan umur : benih yang baru menetas, umur 1 - 12 hari panjang dan bobot : 0,5 - 1 cm

Ukuran Biji oyong
Spesifikasi dan umur : benih gurami sebesar biji oyong atau gabah umur 12 - 30 hari panjang dan bobot : 1 - 2,5 cm dan 0,5 - 2,5 gram

Ukuran Daun Kelor
Spesifikasi dan umur : benih gurami sebesar daun kelor atau kuku jari, umur 1 - 2 bulan panjang dan bobot : 2,5 - 4 cm dan 2,5 - 5 gram

Ukuran Silet
Spesifikasi dan umur : benih gurami seukuran pisau silet atau jari tangan orang dewasa, umur 3 bulan panjang dan bobot : 4 - 6 cm dan 5 - 10 gram

Ukuran Korek Gas 
Spesifikasi dan umur : gurami muda seukuran kotak korek gas, umur 4 bulan panjang dan bobot : 12 - 15 cm dan 50 gram

Ukuran bungkus rokok
Spesifikasi dan umur : gurami muda seukuran bungkus rokok atau kaset, umur 5 bulan panjang dan bobot : 5 - 7 ekor/kg

Ukuran Tampelan (garpit)
Spesifikasi dan umur : gurami menjelang dewasa seukuran telapak tangan, umur 8 bulan panjang dan bobot : 500 g/ekor (2 ekor/kg)

Ukuran Konsumsi umum (restoran, supermarket, pasar tradisional)
Spesifikasi dan umur : gurami hasil pembesaran berumur sekitar 12 bulan panjang dan bobot : lebih besar 1 kg/ekor

Ukuran Konsumsi khusus (pesta, Hari raya)
Spesifikasi dan umur : gurami hasil pembesaran berumur 2 tahun ke atas panjang dan bobot : lebih besar 2 kg/ekor

Grahito Trans Indonesia: Butuh Sewa Los Bak

2 komentar:

GTI mengatakan...

apa anda tertarik budidaya gurame? kalau tertarik harus belajar lebih serius, pertama membaca artikel artikel yang ada disini secara berurutan. Sambil kita koreksi setiap langkah jika ada yang kurang benar.

andy mengatakan...

TELOR GURAME MURAH BERKWALITAS

Telur gurami yang kami hasilkan sangat berkualitas dan mempunyai daya tetas diatas 99 %, telah terbukti dengan penanganan yang baik hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :
Komoditas : Telur gurame Soang, Jepun, Bastar dan Angsa
Sistem : Intensif inti dan plasma
Pemijahan : Alami.
Sumber air : Air tenang / sumur.
Kolam : Terpal/Tembok (kedalaman air 20-60cm)
Pengangkutan : Dikemas dalam kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 24 jam.
Kota tujuan : Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Padang, Bengkulu, Lampung, Batam, Tanjung pinang, Tanjung pandan, Pangkal pinang, Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Tarakan, Berau, Pontianak, Ketapang, Sintang, Makasar, Luwuk, Palu, Kendari, Gorontalo, Manado, Bali, Ternate, Labuan bajo, Tambolaka, Waingapu, Kupang NTT, Sorong, Manokrawi, Jayapura dan kota-kota lainnya

Kapasitas pengiriman :
UKURAN : KAPASITAS / butir / BOX
Telur : 50.000 butir (5 paket) untuk luar pulau dikemas dalam 10 plastik beroksigen.
Untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pembelian minimal 1 paket (10.000 butir)
Sistem pembibitan yang kami terapkan adalah sistem pembibitan intensif sehingga dapat memberi layanan telor gurami yang berkelanjutan, berkualitas dan murah. Kolam semen dan kolam terpal, aquarium, oksigen, kantong plastic, stereform untuk pengemasan pengiriman jarak jauh dan sebagainya merupakan sumber daya yang kami miliki sehingga mendukung untuk produksi telur dan penjualan bibit sampai ke konsumen.
Kami siap melayani pengiriman telur gurami dengan kualitas yang unggul karena semua indukan bersertifikasi, harga ditempat kami jauh lebih murah karena anda langsung berhubungan dengan kami sebagai petani, silahkan bernegoisasi untuk mendapatkan harga yang termurah
Untuk informasi harga murah berkualitas dan konsultasi pembudidayaan silahkan contak person Widodo 085753563403 / 081227354545 / 081804296000, atau kunjungi kami di www.telurgurami.wordpress.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami UD.Nabila Farm di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS). Kami memberikan garansi telur selamat sampai ke tujuan.

NB : Kami juga menerima dan menyediakan sarana dan fasilitas untuk kunjungan dari berbagai instansi baik secara individu maupun rombongan untuk berdiskusi, belajar dan studi banding teknik pembenihan ikan gurami yang baik dan benar secara instensif