Kamis, 15 Juni 2023

Tebang Pisang Tanduk

Pisang tanduk sepertinya hanya ada di Jawa Barat sekitar Bandung - Subang - Purwakarta. Sebenernya kalau pisang bisa tumbuh di semua daerah tropis hanya mungkin varietas yang lebih cocok dan paling subur untuk daerah tertentu adalah jenis pisang tertentu juga. Kadang pada daerah yang cocok dengan jenis pisangnya, tanpa dirawatpun tetap berbuah. Inilah yang menjadikan pisang tertentu khas untuk daerah tertentu. 

Untuk perawatan pisang tanduk dan semua jenis pisang sepertinya sama, yaitu harus rajin membuang anakan yang tumbuhnya terlalu banyak. Ini membuat rumpun pohon pisang jadi kecil kecil karena makanannya berebut. Jadi anakan yang dibiarkan tumbuh hanya 1 biji., sedangkan anakan yang lain dibuang, agar pertumbuhan anak pohon pisang bisa sempurna. Jika dibiarkan semua anaknya tumbuh makan pohonya kecil kecil, dan jika berbuahpun buahnya akan kecil juga. Anakan yang tumbuh sendiri dari induknya hanya boleh sampai 3 x saja, setelah itu harus dibongkar dan diambil semua anaknya, tanah dipupuk kembali. Penanaman harus dari awal lagi, bibitnya bisa dari rumpum pohon pisang yang lain.

Untuk perawatan yang lain adalah harus rajin membuang daun yang kering atau yang hampir kering sampai ke pangkal dahan pisangnya, karena jika tidak dipangkas sampai ke pangkal bisa menumbuhkan jamur dan menjadi sarang semut. 

Berikut video tentang panen yang kurang bagus dari pisang tanduk, dikarenakan anaknya sudah turunan yang ke sekian lebih dari 3 turunan:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar