Monday, December 28, 2015

Membasmi Berbagai Kutu pada Tanaman

Kalau kita menanam sayuran baik yang berbuah maupun yang tidak berbuah tentu akan banyak menemui kendala, yaitu hama dan penyakit. Dari hama yang terlihat maupun hama yang tidak terlihat oleh mata atau hampir tidak terlihat. Hama yang terlihat ini kadang munculnya sengaja pada saat kita atau pemilik atau pengurus kebun sedang tidak di tempat, mereka akan segera muncul. Sedangkan hama dan penyakit yang lainnya akan menyerang kapan saja.

Kalau mau langsung efektif untuk membrantas hama dan penyakit dengan obat obatan seperti fungisida, herbisida, pestisida dan insektisida sudah banyak dijual di toko toko tanaman. Tapi tentunya harganya bisa mahal dan tidak aman. Saya hanya menggunakan obat obatan murah yang bisa disediakan sendiri, seperti garam dapur, sulfur (belerang), kapur, cairan kompos yang masih bau dan minyak sayur dan minyak tanah.

Khusus untuk membasmi kutu yang di tanah dan di daun akan sangat efektif jika menggunakan minyak tanah, tetapi kalau terlalu pekat tentu tanaman juga bisa mati. Jenis kutu-kutu yang sudah aku coba semprot seperti kutu trips, kutu hitam yang ada di tanah dan kutu merah yang sering muncul pada kompos kering dan gatal sekali kalau digigit kutu ini. Dengan disemprot minyak tanah maka kutu ini langsung habis, tapi jangan sampai menyemprot tanaman karena tanaman akan segera layu dan mati. Dengan dosis yang diatur konsentrasi sangat kecil bisa membantu untuk membasmi jenis semua kutu ini. Kalau mau minyak tanah dilarutkan dulu dalam air dengan mencapur dengan sabun detergen, maka minyak tanah bisa larut dalam air. Tapi ingat dosisnya harus dicoba dari yang sekecil mungkin serperti 1 ml minyak tanah ditambah dengan 10 liter air dan deterjen. Nah selamat mencoba .....

No comments: