Thursday, May 9, 2013

Budidaya Ikan Gurame dari Telor

Kalau beli bibit sih bisa aja tapi kalau dalam jumlah besar tentunya jadi lumayan modalnya, jadi ini cara bagaimana kalau memeliharanya dari telor sehingga harganya lebih murah. Memelihara gurame dari telor memang suatu hal yang kadang membingunkan. Perlakuan yang tidak cocok dengan kondisi ikan akan menyebabkan kematian larva gurame. Kondisi disini yang perlu diperhatikan antara lain, misal seperti berikut.
  • Umur 0 - 1 minggu, sangat dipengaruhi oleh kondisi air yaitu ph air, dan suhu air. Jika terlalu dingin larva gurame dipastikan akan mati, walaupun larva gurame sebetulnya belum makan. Temperatur yang cocok antara 25 - 30 derajat celcius, ph air 6 - 8.
  • Umur 1minggu - 1 bulan masih dipengaruhi oleh suhu udara dan pH selain itu juga kepadatan kolam bisa menyebabkan kematian. Kira kira umur 10 hari larva gurame sudah bisa melihat dan mulai memakan plankton, dan makanan tambahan lainnya walaupun sangat sedikit. Jika tempatnya terlalu kecil sebaiknya dilakukan penjarangan. Per 1 meter kubik air bisa memuat 2000 ekor anak ikan. Pada umur > 1 bulan gurame mulai bisa memakan makanan buatan seperti pelet.
  • Setelah umur 1 bulan dilakukan penjarangan lagi. Sampai umur 5 bulan per meter kubik air bisa memuat 500 anak gurame.
Jadi yang penting bagaimana membuat kondisi lingkungan air bisa seperti di alam bebas walaupun kita budidayakan di akuarium atau di tempat khusus yang lain.

Antara usia dan besar gurame bervariasi, tapi kira kira seperti dibawah ini:

Ukuran larva
Spesifikasi dan umur : benih yang baru menetas, umur 1 - 12 hari panjang dan bobot : 0,5 - 1 cm

Ukuran Biji oyong
Spesifikasi dan umur : benih gurami sebesar biji oyong atau gabah umur 12 - 30 hari panjang dan bobot : 1 - 2,5 cm dan 0,5 - 2,5 gram

Ukuran Daun Kelor
Spesifikasi dan umur : benih gurami sebesar daun kelor atau kuku jari, umur 1 - 2 bulan panjang dan bobot : 2,5 - 4 cm dan 2,5 - 5 gram

Ukuran Silet
Spesifikasi dan umur : benih gurami seukuran pisau silet atau jari tangan orang dewasa, umur 3 bulan panjang dan bobot : 4 - 6 cm dan 5 - 10 gram

Ukuran Korek Gas 
Spesifikasi dan umur : gurami muda seukuran kotak korek gas, umur 4 bulan panjang dan bobot : 12 - 15 cm dan 50 gram

Ukuran bungkus rokok
Spesifikasi dan umur : gurami muda seukuran bungkus rokok atau kaset, umur 5 bulan panjang dan bobot : 5 - 7 ekor/kg

Ukuran Tampelan (garpit)
Spesifikasi dan umur : gurami menjelang dewasa seukuran telapak tangan, umur 8 bulan panjang dan bobot : 500 g/ekor (2 ekor/kg)

Ukuran Konsumsi umum (restoran, supermarket, pasar tradisional)
Spesifikasi dan umur : gurami hasil pembesaran berumur sekitar 12 bulan panjang dan bobot : lebih besar 1 kg/ekor

Ukuran Konsumsi khusus (pesta, Hari raya)
Spesifikasi dan umur : gurami hasil pembesaran berumur 2 tahun ke atas panjang dan bobot : lebih besar 2 kg/ekor

Grahito Trans Indonesia: Butuh Sewa Los Bak