Saturday, September 14, 2013

Biaya Pemeliharaan Gurame

Untuk pembibitan gurame sampai dengan ukuran 3 jari memerlukan waktu sekitar 4 bulan, dan ini akan membutuhkan biaya dan waktu pemeliharaan. Pengalaman dari yang telah saya lakukan adalah sebagai berikut.

Saya memelihara gurame dengan jumlah 200 ekor pada kolam ukuran 5 m2 selama 4 bulan bisa mencapai ukuran dengan variasi ukuran silet sampai 3 jari. Memang tidak semua bisa mencapai ukuran 3 jari tetapi sebagian besar sudah bisa mencapai ukuran 3 jari.

Uraian biaya yang saya tampilkan hanyalah biaya makanan, sedangkan biaya biaya lain seperti listrik dan air ataupun tenaga tidak saya hitung, mungkin ini akan sangat berpengaruh jika usaha kita pada skala yang cukup besar. Untuk skala kecil sampai dengan menengah bisa ditangani sendiri dan mungkin bisa lebih diefisienkan kecuali makanan ikan.

Biaya untuk membeli cacing sutra untuk ukuran dari mulai telor sampai ukuran 4 bulan ditambah biaya makanan berupa pelet untuk ikan yang sudah berumur 1 bulan keatas sambil terus diberi cacing sutra setiap 2 minggu sekali membutuhkan biaya rata-rata per ikan adalah Rp. 600. Ikan benih yang dijual bisa dari harga Rp. 1000 untuk ukuran silet dan harga Rp. 3000 untuk yang bisa mencapai ukuran 3 jari.

No comments: