Senin, 22 Juli 2019

Produktivitas Puyuh Saya 110 persen

Ini percobaan saya dalam satu minggu ini. Biasanya saya tidak terlalu mengamati jumlah telor puyuh saya, tapi saya ingin tahu produktivitas puyuh saya:
Berapa persen puyuh bertelur setiap harinya. Maka saya pisahkan puyuh betina muda dalam kandang terpisah sebanyak 25 ekor. Kemudian saya hitung jumlah telornya setiap hari.

Setelah saya lakukan pengamatan hasilnya seperti ini:
Hari ke 1 jumlah telor 25
Hari ke 2 jumlah telor 25
Hari ke 3 jumlah telor 25
Hari ke 4 jumlah telor 27
Hari ke 5 jumlah telor 27
Hari ke 6 jumlah telor 26

Anehnya jumlah telor pada hari ke 4 dan 5 bukanya menurun tapi malah melebihi jumlah puyuh yang ada.  Ini berarti siklus pembentukan tekor puyuh tidak sampai 24 jam tapi kurang dari 24 jam. 

Puyuh muda bisa dibilang sangat produktif karena bisa bertelor terus setiap harinya. Mungkin nanti ada waktu istirahat tidak bertelor cuma akan bergantian tp saya belum sampai ketemu hari tersebut. Nanti setelah ada catatan berikutnya data akan saya update lagi.  Demikian catatan saya dalam percobaan puyuh. 

Nah sayangnya pada hari ke 7 saya gak sempet ambil telurnya jadi gak dihitung lagi. Tapi intinya puyuh2 muda sebenernya sangat produktif kalau di rata2 produktivitas nya bisa lebih dari 95%.


Tidak ada komentar: