Friday, December 1, 2017

Baju Murah Online

Baju muslimah murah banyak diiklankan di toko online dan dijual dengan harga sangat murah, ini sangat berbeda dengan baju baju wanita yang dijual di mal mal seperti Matahari mal, dan BIP bandung, atau di Giant dan Jogja department store. Baju yang dijual online ini memang berasal dari para Grosir yang jualan di Tanah abang atau pasar pagi Jakarta. Yang langsung dari pembuatnya. Mereka bisa jual murah karena memang dalam memesan satu model baru bisa dalam jumlah besar seperti kodian yang satu kodinya jumlahnya 12 lusin. Jadi dalam memproduksi baju inipun biayanya sangat murah yang biasanya borongan.

Para pembuat baju menawarkan model ke grosir dengan beberapa macam pilihan, ada maroom, pink, biru atau warna lain yang sepadan dengan model bajunya. Ukurannya pun dibuat 3 macam dengan ukuran all size. Jadi pembeli baju hanya bisa memilih dari tiga ukuran tersebut, jika wanita yang beli punya ukuran badan yang tidak umum akan kesulitan memilih baju ini. Coba lihat daftar harga dibawah ini dengan gambar yang menurutku sangat menarik untuk dipilih dan dibeli:






Nah itu kan murah murah harganya, kalau dipikir pikir ongkos njahitnya saja sudah mahal. Kalau kita menjahit sendiri untuk pakaian wanita muslimah yang satu set termasuk kerudungnya, tentunya mahal karena agak njlimet ya, bisa bisa ongkosnya saja sudah Rp. 150 ribu. Ini jual bajunya termasuk kerudungnya hanya 90 ribu rupiah saja. tentu sangat murah. Soalnya kalau kita njahitin baju lengkap dengan kerudungnya ke tukang jahit, rata rata jadinya perlu waktu 1 minggu. Entah itu mengerjakan baju yang lain juga atau malas, tapi kalau kita njahit sendiri dengan mengukur dulu kemudian membuat polanya dan kemudian menjahit paling sedikit perlu waktu 2 harian, jadi ya wajar kalau ongkosnya Rp. 150 ribu. Lha ini beli baju sudah jadi tinggal pilih saja yang cocok harganya hanya Rp. 90 ribu. Tapi ya itu memang modelnya gak bisa exclusive karena banyak yang pakai juga dengan model yang sama.

Makanya dengan adanya penjualan online dengan harga buka bukaan seperti itu, mal mal sekarang banyak yang tutup karena mereka menjual baju dengan model yang massal juga tapi harganya mahal, bisa dua kali lipat dari harga jual online. Memang banyak juga kelemahan jual online ini, karena baju gak bisa dicoba dulu, semua yang kita beli kalau sudah sesuai dengan pesanan dan gak rusak ya gak bisa kembali.

No comments: