Monday, July 27, 2015

Membedakan Puyuh Jantan dan Betina dengan Pasti

Dalam membudidayakan burung puyuh perlu kita bisa membedakan antara jantan dan betina karena banyak faktor. Jaman dulu burung jantan tidak laku dijual praktis tidak berharga dan tidak bisa berproduksi, sehingga hanya menghabiskan makan saja. Sedangkan kebutuhan burung puyuh jantan sebagai pejantan cuma sedikit sedangkan yang muncul jantan prosentasenya 50% jadi harus banyak yang disortir. Sekarang jamannya sudah berubah, rumah makan banyak yang menyediakan menu daging burung sehingga masih ada gunanya, paling tidak bisa dipelihara hingga bisa dikonsumsi.

Burung puyuh jantan perlu disortir, karena jika jumlahya kebanyakan di dalam kandang puyuh, malah membuat para betina menjadi stress karena sering dikejar kejar untuk dikawini, dan efeknya malah jadi jarang bertelur. Ini mungkin karena waktunya banyak buat berlari kesana kemari, sehingga jarang makan. Akibatnya produksi telurnya jadi sedikit. Selain itu telur yang fertil atau dari burung yang dikawini, lebih mudah rusak. Bukan rusak busuk tetapi jika terkena udara hangat akan berkembang atau tumbuh menjadi bakal embrio, akibatnya timbul serat warna merah darah karena sangat cepat membentuk jaringan embrio. Jadi bagaimanapun juga burung puyuh jantan perlu disortir dari kandang burung petelur.

Cara mensortir burung puyuh jantan dan betina dengan pasti ada 4 cara yaitu menggunakan ciri-ciri yang berikut ini:
  1. Burung Jantan Berkokok, puyuh betina tidak berkokok
  2. Burung Betina Bertelor, puyuh jantan tidak bertelor
  3. Burung Jantan dewasa kalau dipencet bagian perutnya keluar air mani, betina tidak keluar, keluar dari tonjolan di sekitar dubur.
  4. Burung Jantan kalau di potong ada 2 kelenjar testis sebesar jari ada 2 buah, betina tidak ada.
Cara cara lain memang ada tetapi bisa salah, mungkin saja prosentase kesalahannya kecil, sedangkan cara diatas prosentasenya 100 % benar. Bagi sexer yang berbakat atau sudah berpengalaman, dia bisa melihat tonjolan yang ada di dubur walaupun usia burung baru 1 atau 2 minggu. Sehingga bisa langsung mensortir burung jantan dan betina. Sedangkan dari warna bulu untuk burung puyuh pada umumnya kita mudah sekali terkecoh, apalagi kalau usianya masih muda, warna bulu hampir semuanya sama.