Wednesday, July 15, 2015

Puyuh Umur 2 Bulan Belum Bertelor

Pada artikel tentang cara memelihara burung puyuh yang lalu sudah diberikan beberapa cara atau syarat syarat memelihara burung puyuh yang seharusnya dilakukan. Dalam tips tersebut mungkin kurang jelas, jadi setelah memelihara burung puyuh dan burungnya juga terlihat sehat tetapi kok tidak sesuai dengan harapan. Burung sudah umur 2 bulan kok belum bertelur.

Selidik punya selidik eh ternyata penerangan sangat mempengaruhi produktifitas dan kecepatan dewasa maupun perkembangan tubuh burung puyuh. Pengalaman saya secara langsung kondisi burung puyuh yang menggunakan penerangan 40 watt misalnya memang jauh lebih rakus makannya, dan setiap kali saya sahur, burungpun sepertinya sudah minta makan. Bareng ama kita makan sahur juga. Ntar jam 8 pagi burung juga sudah lapar lagi, bener bener doyan makan.

Ada 2 kandang yang satu diatas menggunakan penerangan sekedarnya saja tidak terang bener, yang dibawah penerangan full itu juga karena beberapa burung cacat kakinya. Anehnya yang cepet dewasa itu yang menggunakan penerangan full, ditandai dengan burung cepat berkokok, berbeda dengan yang tanpa penerangan full belum ada yang berkokok (puyuh jantan dewasa).

Makanya burung yang penerangannya hanya mengandalkan matahari saja, mereka kurang cepat dewasanya dan cenderung jumlah makannya juga sedikit, sehingga perkembangan tubuhnya lambat, efeknya burung tidak cepat bertelur.

No comments: