Sunday, September 13, 2015

Membuat kompos yang murah

Dari berbagai cara membuat kompos dari kotoran binatang ternak ternyata semuanya gak ada benarnya, ada yang menggunakan EM4 dan perlu waktu 3 minggu dan sebagainya. Ternyata hasilnya tidak memuaskan dan komposnya masih bau busuk. Ini menandakan bahwa kompos belum jadi dan malah masih disukai lalat dan akan timbul belatung.



Cara membuat kompos dari kotoran binatang ternak seperti ayam dan kotoran burung puyuh membutuhkan waktu yang lama paling sedikit 2 bulan bahkan 3 bulan baru hasilnya memuaskan, tidak berbau busuk dan warnanya hitam. Kalau kotoran ayam atau burung mau langsung dipakai sebenernya bisa saja asal kotoran tadi dikeringkan dahulu sampai bener bener kering dan tidak berbau lagi baru disebarkan diatas tanaman, tapi ini masih bisa berbau. Untuk mencegah bau bisa ditaburi tanah diatas kotoran kering tadi.

Cara yang benar dan murah dalam membuat kompos bisa dilihat di sini: Mengolah kotoran unggas menjadi pupuk. Jadi kalau sudah baca artikelku itu gak perlu lah membuat kompos pakai bahan bahan pabrikan yang harus beli. Walaupun murah kalau harus sering beli kan lumayan juga harganya. Yang penting kotoran unggas sewaktu dibuat kompos tidak terlalu basah dan juga jangan terlalu kering. Untuk ini maka perlu tempat yang bisa mengkondikan kompos, dan tentunya kalau bisa tempatnya awet sehingga bisa dipakai berulang kali.

Bisa baca cara membuat kompos.

No comments: