Monday, August 10, 2015

Menu Burung Puyuh Kremes

Kalau bahasa inggrisnya burung puyuh itu Quail dan kalau bahasa prancisnya Caille. Dari kedua bahasa tersebut jelas ada menu makanan yang bahan dasarnya burung puyuh. Jadi selain kita juga belajar bagaimana memelihara burung puyuh dan bagaimana mengolah kotoran burung puyuh. Kita juga belajar memasak burungnya karena sekali kali kita perlu juga memotong sendiri buat dimakan keluarga.

Burung puyuh sebelumnya diungkep dahulu dengan berbagai rempah supaya ga ada bau amis.
Setelah dicuci bersih dan diberi perasan air jeruk nipis, burung diungkep dengan bumbu kuning ditambah jahe, laos, daun jeruk, daun salam dan sereh...biar wangi rempah. Setelah itu burung digoreng ditambah kremesan memanfaatkan air sisa ngungkep. Untuk kremesannya bener2 asal praktek yg berhasil, kalo sebelum2nya bikin kremesan hasilnya agak keras kaya peyek yg kali ini lebih rapuh. Padahal dah putus asa duluan krn ga punya tepung beras buat bikin kremesan, jadi kremesan kali ini menggunakan segala tepung yg ada di rumah (terigu, maizena, dan tapioka). Kunci bikin kremesan yg rapuh adalah penambahan telur dalam adonannya. Dan jika memanfaatkan air sisa rebusan/ungkep jangan lupa disaring dulu biar tidak ada gumpalan sisa2 rempah ato lemak dr ayam. Untuk pelengkap burung puyuh goreng ini ditemani sambal bajak enak juga kalo pake sambal tomat ato sambal terasi...disesuaikan selera aja.

Bahan:
1. 4 ekor burung puyuh, bersihkan beri air jeruk nipis diamkan 10 menit kemudian cuci bersih.
2. 1 batang sereh, geprek
3. 1 lembar daun salam
4. 3 lembar daun jeruk
5. Minyak untuk menggoreng
6. Air untuk mengungkep

Bumbu halus:
1. 1 cm jahe
2. 1 cm laos
3. 1 cm kunyit
4. 3 siung bawang putih
5. ½ sdt ketumbar
6. 2 butir kemiri
7. Garam

Bahan kremes:
1. 1 butir telur
2. 300 ml air sisa ungkep (jangan lupa disaring)
3. 2 sdm terigu
4. 2 sdm maizena
5. 2 sdm tapioca
6. Garam

Cara membuat:
  1. Ungkep burung bersama bumbu halus, tambahkan sereh, daun salam, dan daun jeruk. Ungkep hingga air menyusut ato burung telah matang (biar cepet bisa dengan presto 20 menit). Tiriskan lalu dinginkan.
  2. Panaskan minyak banyak, goreng burung yg telah diungkep hingga kuning kecoklatan ato sesuaikan selera tingkat kekeringannya (kalau terlalu kering cenderung lebih keras). Angkat lalu tiriskan.
  3. Kocok telur bersama air sisa rebusan, tambahkan sedikit garam. Campur bersama terigu, maizena dan tapioca. Aduk rata semuanya hingga benar2 encer dan halus (tdk ada yg grindil). Panaskan minyak banyak dengan api sedang, tuangkan 1 sendok sayur adonan ke dalam minyak, tunggu sampai kuning keemasan lalu angkat. Adonan lebih encer dari adonan peyek, ketika dituang ke minyak akan timbul bunyi berisik seperti hujan. Jangan lupa untuk meniriskan kremesan di atas kertas tisu, biar minyaknya berkurang.

No comments: